Minggu, 05 Januari 2014

Saat Kedewasaan Bukan Lagi Pilihan

Banyak orang bilang “tua itu pasti, dewasa itu pilihan”. Setuju sih sama kalimat yang pertama, tua itu pasti. Yaa..yang namanya waktu, tidak akan ada yang bisa mengehentikannya bahkan memperlambat pun tidak ada yang bisa. Jadi, sebenarnya  waktulah yang “menuakan” kita.

Bagaimana dengan kedewasaan?

Entahlah, yang jelas dari pengalaman-pengalaman saya selama ini, mulai dari mengamati lingkungan, mengamati teman-teman, diskusi dengan sahabat maupun saudara, sampai pengalaman saya sendiri, ternyata kesimpulan yang saya dapat adalah bahwa kedewasaan sama sekali tidak ada hubungannya dengan umur, kedewasaan adalah masalah pengendalian diri. Idealnya memang ketika usia semakin tua, kedewasaannya pun semakin matang tapi pada kenyataannya yang terjadi tidak selalu seperti itu. Yah meskipun ada beberapa orang yang semakin bertambah umurnya, kedewasaannya pun semakin matang, namun ada juga yang semakin bertambah umurnya namun kedewasaanya tetap masih stag, jadi sering terlihat kenakak-kanakan. Tapi ada juga loh, yang umurnya belum seberapa, yaa bisa dikatan masih sangat muda namun kedewasaannya jauh lebih matang dari umur yang di atasnya (lebih tua). Sekali lagi karena kedewasaan tidak ada sangkut pautnya dengan umur.


Hal yang mempengaruhi kedewasaan adalah cara berpikir dan bagaimana menyikapi setiap masalah yang datang menghampiri (pengendalian diri). Sering sekali masalah itu datangnya tiba-tiba dan tanpa permisi dulu. Kedewasaan itu susah untuk dipaksakan, kecuali dipaksa oleh keadaan. (Susah bukan berarti tidak mungkin, tapi masih tetap bisa diusahakan). Iya, keadaan, saat seseorang dihadapkan pada permasalahan yang membuatnya berada pada kondisi yang sangat menyudutkan, tidak ada pilihan lain selain menjadi orang yang lebih dewasa, maka seseorang itu tidak perlu paksaan dari siapapun untuk menjadi orang yang dewasa. Sebab, pada kondisi-kondisi tertentu, kedewasaan bukan lagi menjadi sebuah pilihan, namun suatu keharusan yang kemudian menjadi sebuah kebutuhan. Ibaratnya, kalau sudah kepepet, mau gimana lagi? Bukankah seberat apapun permasalahan yang kita hadapi, hidup harus tetap berlanjut? Maka, saat tidak ada pilihan lain untuk menjadi orang yang lebih dewasa demi melanjutkan hidup, saat itulah kedewasaan menjadi sebuah kebutuhan, bukan lagi pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar